English EN Indonesian ID

SAMBUTAN DEKAN FISE

Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi telah banyak menghadapi dan melewati berbagai tantangan, namun tetap dapat menempatkan dirinya sebagai Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) yang terkemuka di Indonesia. Tantangan yang akan dihadapi 5 tahun ke depan tentunya berbeda dengan tantangan di waktu yang lalu. Di masa lalu tantangan utama adalah membangun satu institusi di tengah-tengah masyarakat yang sistem kelembagaannya belum lengkap.
Dari segi lingkungan satu hal yang sangat membantu adalah masih rendahnya tingkat persaingan dari institusi-institusi pendidikan yang serupa, baik karena masih belum eksis atau kehadirannya yang masih belum kuat. Tantangan ke depan adalah bagaimana di tengah-tengah meningkatnya persaingan antara insitusi pendidikan dan pergeseran paradigma ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ekonomi dan pendidikan.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) tetap dapat bertahan sebagai Center of Excellence yang mampu menyediakan sumber daya manusia bagi Indonesia dalam berbagai kapasitas – mulai dari pengambil keputusan di pemerintahan, sebagai profesional di dunia usaha, masyarakat intelektual dan lembaga-lembaga penelitian non pendidikan di Indonesia, Sebagai Guru Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan Sejarah. Tidak hanya itu alumni juga bisa bekerja di Perbankkan, Wartawan dan lain-lain.
Mulai dari pengambil keputusan di pemerintahan, sebagai profesional di dunia usaha, masyarakat intelektual dan lembaga-lembaga penelitian non pendidikan di Indonesia. Visi FISE Pada tahun 2041 menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi terdepan sebagai acuan pengembangan ilmu sosial dan ekonomi dalam pembangunan berkelanjutan berorientasi global dan berbudaya santri. Untuk memenuhi visi tersebut diperlukan keberadaan staf pengajar dan staf pendukung yang kompeten.
Pendidikan S1
Saat ini bidang ilmu yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis – ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi, sosiologi, geografi, dan sejarah – secara konsep mengalami perubahan pendekatan ke arah studi motivasi dan insentif di balik tingkah laku manusia. Dalam pendekatan baru ini, ilmu–ilmu tersebut mencoba memasukan faktor-faktor sosio-ekonomi, politik dan budaya yang sebelumnya banyak diabaikan. Sementara itu dari segi empiris ilmu ekonomi telah bergeser kearah rekomendasi kebijakan berdasarkan bukti (eksperimen). Walapun tidak secara drastis, pergeseran ini membutuhkan penyesuaian pada kurikulum agar program pendidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi tetap relevan di masyarakat.
Sampai saat ini program S1 reguler masih menjadi basis Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) untuk menghasilkan alumni yang produktif yang memberikan sumbangan nyata bagi kehidupan bangsa. Hal ini juga dapat diamati pada tingkat Universitas, sampai saat ini pendidikan dan pengajaran S1 reguler masih dianggap sebagai basis universitas yang harus dilakukan dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu.
Secara umum, target untuk pendidikan S1 sampai 4 tahun mendatang adalah mencapai keseimbangan baru antara konsep/teori dengan studi empris/studi kasus/lab dengan pengurangan porsi teori dan konsep yang mengarah ke spesialisasi/kekhususan tertentu dan penambahan waktu mata kuliah inti untuk analisis dunia nyata (deep core generalist with limited specialization). Penekanan dilakukan pada analisis masalah praktis yang menuntut pembuatan laporan atau makalah pendek.
Hal ini mencerminkan paradoks dari proses globalisasi, ketika permintaan menjadi semakin sering berubah dan beragam maka untuk menjaga agar sumber daya manusia mempunyai daya adaptasi tinggi, penguasaan ilmu-ilmu dasar perlu diperdalam, spesialisasi yang berlebihan pada tingkat awal hanya akan membuat proses keusangan (obsolence) cepat terjadi.

Dekan FISE

Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.

LOGO F ISE

UNIVERSITAS HAMZANWADI

Bersama kami raih masa depan, berdaya saing dan berbudaya santri dalam menghasilkan karya yang inovatif demi kemajuan bangsa dan negara.

Jl. Cut Nyak Dien No.85, Pancor, Selong, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83611

Telepon: (0376) 21394

Faks: (0376) 21394

Email: universitas@hamzanwadi.ac.id

© 2021 Universitas Hamzanwadi