Serasehan Kebangsaan : Peran Nahdlatul Wathan Dalam Membangun Bangsa

Rabu, 12 Februari 2019 pada acara Sarasehan Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Gerakan Suluh Kebangsaan  di Golden Palace Hotel mataram. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa tokoh organisasi keagamaan Nusa Tenggara Barat yang terdiri dari  Nahdlatul Wathan, Nahdlatul Ulama’, Muhammadiyah, dan lain-lain. Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor 1 Universitas Hamzanwadi sebagai pembicara pemantik menyampaikan terkait peran Nahdlatul Wathan yang hadir dengan keislaman kebangsaanya.    

Jika Muhammadiyah hadir dengan Islam yang berkemajuan, NU hadir dengan Islam Nusantara, NW hadir sebagai bentuk perjuangan Keislaman dan Kebangsaan. Jadi, apa yg menjadi tanggung jawab hari ini adalah tanggung jawab sejarah, menurut persepktif Islamic studies melalui para ahli, tanggung jawab sejarah itu adalah kepemimpinan untuk dua hal yaitu pertama tegaknya agama Allah dan kedua Maksimalnya karunia Allah untuk kemaslahatan bersama.

TGHM Zainuddin Abd. Madjid dengan NW telah meletakkan ideologi keislalaman dan kebangsaan secara sejajar. sama pentingnya memperjuangan Islam dan memperjuangkan bangsa dengan berbagai entitasnya. Dalam hal semua agama mengajarkan kejujuran. NW sebagai bagian dari bangsa ini, sebagai aset bangsa sudah memfinalkan, bahwa Islam dan Keindonesiaan adalah nilai dan tatanan nilai kebajikan yg sejajar.