Suksesnya Kampus Mengajar Angkatan 1 2021 mendorong Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek membuka pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 2 hingga 5 Juli 2021 dengan harapan menggandeng jumlah partisipasi mahasiswa, dosen, dan Universitas negeri maupun swasta yang lebih besar. Adapun sasaran program Kampus Mengajar Angkatan 2 ini adalah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah 3 T (terluar, dan terdepan).

Program Kampus Mengajar memiliki 4 poin penting yaitu melanjutkan pembelajaran di masa pandemi terutama untuk SD dan SMP di daerah 3T, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari meningkatkan pembelajaran literasi dan numerasi, dan menjadi mitra guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Selain itu, mahasiswa juga dapat berkontribusi dalam mendukung kepala sekolah melakukan efisiensi administrasi dan sekolah manajerial. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan Kampus Merdeka yang mengizinkan mahasiswa untuk belajar di luar kampus hingga semester 2 atau 40 SKS.

Perguruan tinggi akan mendapatkan keuntungan dengan tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) pada poin nomor 2 yaitu mahasiswa memiliki pengalaman belajar di luar kampus domisili, dan dosen pembimbing lapangan (DPL) sebagai pendukung pelaksana IKU tersebut. Program Kampus Mengajar Angkatan 2 terbuka untuk 4.700 institusi pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Ditjen Dikti dan program studi terbuka semua, sarjana, dan sarjana terapan. Adapun syarat dari Kampus Mengajar bagi mahasiswa yaitu mahasiswa minimal semester 5 pada semester gasal tahun akademik 2021/2022 atau yang saat ini di semester 4.

Sasaran dari Kampus Mengajar angkatan 2 ini adalah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dengan akreditasi C dan berada di daerah 3T seperti Papua , Papua Barat, Maluku, dan NTT, karena sekolahnya daerah tersebut masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu semoga mahasiswa-mahasiswa selalu dinanti baik oleh para guru maupun para muridnya, sehingga lahirnya inovasi-inovasi untuk terus membangun pendidikan kita khususnya di Indonesia Timur.

Peserta yang lolos tersebut yaitu :

1. Nama :  Antoni Hidayatullah

Prodi : Pendidikan Ekonomi

NPM : 190401084

Alamat : Desa setungkeplingsar Kec. Keruak Kab. Lombok timur Prov. NTB

2. Nama : M. Ro’is Bukhori

Prodi : Pendidikan Sosiologi

NPM : 190112016

Alamat : Jl. Lintas Laskar 45, Danger, kec. Masbagik, kab. Lombok Timur, NTB.