Pada tanggal 13 September 2021 Program Studi Pendidikan Sejarah melaksanakan kegiatan seminar Nasional Bekerjasama dengan STKIP Pangeran Indra Kusuma Indramayu Jawa Barat dengan tema ”Pembelajaran Sejarah Lokal Diera Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.
Dalam seminar tesebut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Univesitas Hamzanwadi dalam sambutanya mengatakan Seminar Nasional Pendidikan Sejarah tentu saja akan bermanfaat bagi pengembangan ilmu Sejarah pada masa yang akan datang. Pengembangan tersebut tentu saja baik ditinjau dari sisi materi, penelitian maupun teknologi pembelajarannya dan pembentukan karakter yang mencerminkan sifat-sifat pada ilmu Pendidikan Sejarah itu sendiri. Kita telah paham bahwa pemahaman terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi akan dicapai manakala pemahaman terhadap ilmu dasarnya sangat memadai ungkapnya.
Disisilain Dekan FISE Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M. mengungkapkan juga, dimulai dari persoalan Ilmu Pengetahuan Sosial sederhana sampai pada aplikasi bidang Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi. Oleh karena itu penelitian Bidang Sejarah dan teknik pembelajaranya perlu dilakukan terus menerus agar aplikasi pada bidang-bidang di atas dapat dipahami oleh pembelajarnya. Seminar nasional ini harus mampu mendorong para peneliti dan prakstisi pendidikan bidang Sejarah dan IPS dapat meramu bidang ini, sehingga mudah dipahami oleh siswa di dalam kelas, mampu melakukan penelitian, dan mengimplementasikan terapannya pada teknologi yang sesuai.
Belio juga berharap semoga Seminar Nasional yang online ini bisa terus berlajut dari waktu kewaktu.